Tuesday, January 6, 2015

Memeriksa hasil instalasi Sistem Operasi

Memeriksa hasil instalasi Sistem Operasi

Memeriksa hasil instalasi Sistem Operasi Setelah sistem operasi terinstal dan berhasil login untuk pertama kalinya, kita harus memastikan seluruh periferal komputer bekerja dengan baik. Untuk itu, kita dapat memeriksanya menggunakan software sistem operasi yang telah terinstal. Jika ada periferal yang tidak berfungsi dengan baik, kita bisa mengatasinya dengan memperhatikan pesan kesalahan yang muncul. Mungkin kita perlu menginstal driver yang sesuai untuk periferal tersebut. Apa pengertian dari perangkat peripheral ? Perangkat Peripheral (periferal) adalah Perangkat keras (hardware) yang terhubung dengan komputer bisa juga dinamakan sebagai perangkat tambahan yang digunakan untuk keperluan tertentu.


=> Peripheral (periferal) Menurut Jenisnya dibagi menjadi 2 macam, yaitu : Main Peripheral (Periferal Utama) : Periferal utama adalah perangkat keras (hardware) yang harus ada dalam pengoprasian komputer. Contohnya : Monitor, Keyboard dan Mouse. Auxillary Peripheral (Periferal Pendukung) : Periferal pendukung adalah Perangkat keras (hardware) yang tidak selalu harus ada dalam pengoprasian komputer. Contohnya : Printer, Scanner, Modem dll. => Peripheral (periferal) Menurut Kegunaannya dibagi menjadi 2 macam, yaitu : Input (Perangkat Masukan) : Perangkat masukan adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data ataupun perintah kedalam komputer. Contohnya : Keyboard, Mouse, Scanner dll. Output (Pernagkat Keluaran) : Perangkat Keluaran adalah perngkat yang digunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data. Contohnya : Printer, Monitor, Speaker dll. Untuk memeriksa apakah periferal berfungsi dengan baik, klik Start – Control Panel. Doubleklik ikon System pada jendela Contrl Panel hingga muncul kotak dialog System Properties. Klik tab Hardware kemudian klik Device Manager hingga muncul kotak dialog Device manager berikut ini.
Tanda tanya (?) kuning beserta tanda seru (!) menandakan adanya periferal yang tidak berfungsi dengan baik. Untuk mengatasinya kita bisa menginstal software driver yang sesuai untuk periferal tersebut. Dalam contoh diatas, yang belum terinstal adalah VGA, Camera, Audio Controller, Other PCI bridge Device, PCI Input Device, Video Controller. Saat membeli periferal, driver periferal tersebut biasanya disertakan (dalam bentuk disket/CD). Kalian bisa mengintalnya dengan menggunakan program instalasi otomatis (autorun) pada disket /CD tersebut atau bisa juga menginstalnya secara manual. Jika kalian tidak memiliki driver periferal tersebut, kalian cari dan download-lah di situs pembuat periferal tersebut, sesuaikan dengan yang terpasang di komputer.
Berikut langkah-langkah untuk menginstal driver secara manual.
a. Pada jendela Device Manager, dobelklik daftar periferal yang diberi tanda seru (!) sehingga muncul jendela properties.
b. Klik tab Driver
c. Klik tombol Update Driver hingga muncul kotak dialog New Hardware Wizard seperti gambar berikut ini

Sumber :Blastermind
Disqus Comments